Tutorial Cara Mengganti Nama Database di MYSQL


Dalam beberapa kasus mungkin diinginkan untuk dengan cepat mengubah nama database MySQL. Meskipun dulu ada perintah RENAME DATABASE sederhana di versi MySQL yang lebih lama yang dimaksudkan untuk melakukan tugas ini, RENAME DATABASE telah dihapus dari semua versi yang lebih baru untuk menghindari risiko keamanan.

Sebagai gantinya, kami akan secara singkat menjelajahi beberapa metode opsional yang dapat digunakan untuk mengganti nama database MySQL Anda dengan cepat dan aman.

Mulailah dengan mengeluarkan perintah mysqldump berikut dari prompt shell Anda, menggantikan nama pengguna, kata sandi, dan nilai oldDbName yang sesuai. mysqldump digunakan untuk membuat backup fisik dari sebuah database, sehingga kita dapat menggunakan copy ini untuk mengimpor data kembali ke database baru. baca juga layanan dr arkand

$ mysqldump -u username -p "password" -R oldDbName> oldDbName.sql
Kami menggunakan tanda -p segera diikuti oleh kata sandi kami untuk terhubung ke database (tanpa spasi di antara) dan menghindari masukan entri kata sandi saat mengeluarkan perintah ini. Pastikan untuk meninggalkan kutipan sekitarnya karena kata sandi dengan karakter unik dapat menyebabkan masalah eksekusi. Bendera -R juga penting dan memberi tahu mysqldump untuk menyalin prosedur dan fungsi yang tersimpan bersama dengan data normal dari database.




Selanjutnya gunakan perintah mysqladmin untuk membuat database baru:

Mengganti Nama Tabel dengan InnoDB
Jika Anda menggunakan MySQL versi 5.5 (atau lebih tinggi), Anda mungkin menggunakan mesin penyimpanan InnoDB, yang membuat tugas mengganti nama database cukup sederhana.

Singkatnya, Anda dapat menggunakan perintah RENAME TABLE dalam prompt MySQL untuk secara efektif mengubah nama database dari tabel tertentu sambil menjaga nama tabel tetap utuh. Namun, hal itu mengharuskan database dengan nama baru sudah ada, jadi mulailah dengan membuat database baru menggunakan perintah shell mysqladmin seperti yang terlihat di atas.

Misalnya, jika kami sudah memiliki basis data katalog yang ingin kami ganti namanya menjadi pustaka, pertama-tama kami membuat pangkalan data pustaka baru:

$ mysqladmin -u username -p "password" buat pustaka
Sekarang sambungkan ke prompt mysql dan keluarkan pernyataan TABLE RENAME MySQL berikut untuk tabel pilihan Anda:

mysql> RENAME TABLE catalog.books TO library.books;
Kami baru saja memindahkan keseluruhan tabel buku dari database katalog ke basis data perpustakaan baru kami. Perintah ini dapat dijalankan secara manual untuk semua tabel yang relevan seperti yang diinginkan, atau kita dapat menyederhanakan tugas dengan skrip shell seperti yang terlihat di bawah ini.

MENGGUNAKAN SCRIPT SHELL COMMAND
Untuk semua kecuali database terkecil, secara manual mengeluarkan perintah RENAME TABLE untuk setiap tabel tidak akan sangat praktis dan tidak efisien, tapi untungnya kita dapat menggunakan perintah shell sederhana menggunakan utilitas mysql untuk mengulang melalui semua tabel di database lama kita dan mengubah nama mereka , sehingga memindahkannya ke database baru. simak juga cara membuat desain kartu nama

Subscribe to receive free email updates: